FESTIVAL SILAT BETAWI14 Juli 2019

Festival Pencak Silat Betawi kembali akan digelar oleh Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi pada pada hari Minggu tanggal 14 Juli 2019 yang bertujuan untuk melestarikan, membudayakan dan mengembangkan salah satu seni yang tidak terpisahkan dari budaya Betawi.

Acara pembukaan yang akan dilaksanakan di Amphitheater Zona A Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, akan menampilkan atraksi koreografi peragaan jurus dari Perguruan Pencak Silat dari 6 wilayah DKI Jakarta secara bersama-sama. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahim antar penggiat Pencak Silat yang akan di hadiri oleh Mayjen TNI (Purn.) Eddie Marzuki Nalapraya, salah satu tokoh Pencak Silat Indonesia.

Selain peragaan jurus, kegiatan ini juga akan menampilkan lomba yang akan diikuti oleh 20 tim dari berbagai Perguruan Silat Betawi memperebutkan hadiah Uang Tunai dan Trophy yang dibagi menjadi 4 (empat) kategori lomba :

  1. Jurus Perorangan Putra Usia 10-20 th
  2. Jurus Perorangan Putri Usia 10-20 th
  3. Jurus Beregu Campuran Usia 10-20 th
  4. Ganda/Berpasangan Pria/Wanita Usia 10-20 th

Setiap peserta akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari unsur dari :

  • Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)
  • Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi)
  • Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB)

 

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk pelestarian dan pengembangan pencak silat agar tidak tenggelam dan kalah saing dengan budaya asing.

 

GALERY FOTO